TERKINI

Forum Mahasiswa, Pemuda Papua Dan Konferensi Mahasiswa Papua (KMP) Desak DPR Sahkan DOB dan Dukung Otsus Papua Jilid II

Jun 07 2022358 Dilihat

Jakarta, jurnalpagi.id – Forum Mahasiswa Pemuda Papua Konferensi mahasiswa papua Jabodetabek meminta DPR dan pemerintah untuk segera mengesahkan Daerah Otonomi Baru (DOB). Mereka juga meminta ekskutif dan legislatif untuk mendukung Otoritas Khusus (Otsus) Jilid II Papua.

Ini adalah bentuk respon dari kami para pemuda Papua, peduli akan pemerataan dan juga sebagai solusi masalah ekonomi yang ada di tanah kami Papua,” kata Koordinator aksi Konferensi Mahasiswa Papua (KMP) di patung kuda Jakarta, Moytuer Boimasa dalam keterangan,nya kepada wartawan jurnalpagi.id Selasa (7/6/2022).

Moytuer boymas mengatakan, desakan dilakukan sebagai bentuk tindakan kepedulian para pemuda dalam pemerataan pembangunan di Papua. Menurutnya, perlu adanya pemekaran agar masalah ekonomi yang tengah terjadi di tanah Papua segera terselesaikan.

“Kami mengajak teman-teman mahasiswa dan masyarakat se-tanah Papua untuk bersama-sama hadir dan menyuarakan semangat kemajuan,” katanya.

Dia mengatakan, sebelumnya DPR RI telah menerima Surat Presiden (Surpres) dari pemerintah terkait pembahasan tiga DOB di Papua. Yaitu, terkait RUU tentang Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah dan RUU Provinsi Papua Pegunungan Tengah.

Surpres tersebut diberikan ke DPR pasca telah disahkan sebagai RUU usul inisiatif DPR dalam Rapat Paripurna pada Selasa (12/4) lalu. Dalam RUU tersebut disebutkan Provinsi Papua Selatan akan menjadikan Merauke sebagai ibu kota, kemudian ibu kota Provinsi Papua Tengah akan berada di Timika dan ibu kota Provinsi Papua Pegunungan Tengah adalah Wamena.

Kemduian, hal tersebut mendapat respon aktif dari KMP Jabodetabek untuk membentuk suatu gerakan aksi damai mendukung serta mendesak DPR RI segerah mengesahkan DOB Papua.

Tidak hanya itu, KMP juga menyatakan sikap mendukung Otsus Jilid II dan meminta agar pemerintah segera untuk merealisasikannya demi pemerataan pembangunan di tanah Papua.

Share to

Related News

Roadshow Lomba Foto Dan Video Satwa ke-3...

by Jun 15 2024

Pasuruan | jurnalpagi.id – Taman Safari Indonesia kembali menggelar event spesial berskala Int...

Rapimcab Gerindra Rekomendasikan Rusdi S...

by Jun 15 2024

Pasruruan | jurnalpagi.id – Menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (pemilukada) serentak tahun...

H. Juma’in Pendatang Baru Gerindra...

by Jun 06 2024

Pasuruan jurnalpagi.id – Perhelatan politik yang belum lama berlangsung memunculkan nama baru ...

Bahas Pilkada, PPP Jemput Bola Datangi D...

by Jun 06 2024

Pasuruan jurnalpagi.id – Komunikasi antar parpol menjelang pilkada serentak kembali digelar di...

Pengurus DPD PKS Sambut Hangat Gus Mujib...

by Jun 02 2024

Pasuruan | jurnalpagi.id – Gus Mujib, sapaan akrab mantan Wakil Bupati Pasuruan kembali bersil...

Dugaan Penipuan Urusan Tanah, Salah Satu...

by Mei 28 2024

Pasuruan | jurnalpagi.id – Dugaan kasus penipuan pengurusan tanah yang ada di Desa Oro-oro Bul...

No comments yet.

Sorry, the comment form is disabled for this page/article.
back to top