TERKINI

Kerja sama dengan BJB Tegal, Rutan Pemalang Selenggarakan Budaya Pelatihan Prima

Apr 07 2022778 Dilihat

Pemalang | Jurnalpagi.id – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pemalang sebagai salah satu instansi pemerintah yang memberikan pelayanan publik di bidang hukum dan hak asasi manusia menyadari betul betapa pentingnya pelayanan prima (service excellent) kepada masyarakat. Melalui kerjasama dengan Bank Jawa Barat (BJB) Kantor Cabang Tegal, Rutan Pemalang menyelenggarakan Budaya Pelayanan Prima pada Kamis (31/03/2022).

Kepala Rutan Pemalang, Ary Nirwanto menyampaikan bahwa pelatihan ini bukan hanya menargetkan petugas di bidang layanan publik saja, akan tetapi seluruh petugas pemasyarakatan termasuk pejabat struktural di Rutan Pemalang.

petugas lembaga pemasyarakatan Pemalang mengikuti sedang pelatihan.

“Bukan hanya yang bekerja di bidang layanan saja, semua petugas sengaja saya ikut sertakan karena pada masanya semua akan mendapatkan giliran untuk melayani WBP dan masyarakat. Untuk itu, tolong dengarkan dengan baik pelatihan dari Bank BJB ini, agar kedepannya bisa kita terapkan dalam bekerja sehari-hari”, ujar Ary dalam sambutannya.

Tiga narasumber dari BJB Tegal dihadirkan dalam pelatihan ini. Di antaranya yaitu Fiki Ratnasari (Plt. Kcp Banjaran Tegal), Dhea Marthilda (Customer Service) dan Dhimas AP (Relation Officer Konsumer).

“Aspek pelayanan prima atau service excellent meliputi tiga hal, yaitu: penampilan, skil dan sikap. Aspek penampilan berarti petugas menggunakan seragam lengkap sesuai dengan ketentuan yang berlaku di instansi tersebut, kemudian aspek skil berarti petugas harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam melayani publik. Sedangkan aspek sikap berarti petugas harus sabar, ramah, sopan namun tegas dalam melayani”, terang Dhea.

petugas lembaga pemasyarakatan Pemalang mengikuti sedang pelatihan.

Dalam pelatihan tersebut Fiki juga menekankan bahwa dalam melayani masyarakat yang memiliki berbagai macam latar belakang, petugas harus tetap tersenyum dan ikhlas serta memegang prinsip bahwa petugas adalah pelayan masyarakat yang berkewajiban memberikan layanan terbaik pada apapun kondisi yang sedang dihadapi.

Baca juga :  Erin Super Angkat Tema - Tema Sosial Lewat Lagu

Pelatihan ini merupakan salah satu wujud komitmen Rutan Pemalang untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, baik yang sedang menjalani pidana di dalam jeruji besi maupun masyarakat umum yang turut menerima layanan publik dari Rutan Pemalang. (hms/rgl)

Share to

Related News

Sisa Penggunaan Anggaran Pilkada. PUSAKA...

by Mar 27 2025

Pasuruan | Jurnalpagi.id – Selain disoal oleh Komisi I DPRD kabupaten Pasuruan, sisa penggunaa...

Jelang Lebaran HR Club Pasuruan Berbagi ...

by Mar 25 2025

Pasuruan | jurnalpagi.id – Organisasi yang anggotanya berisikan HRD perusahaan atau HRD Club d...

Owner Cesa Little Garden Gelar Tasyakura...

by Mar 24 2025

Pasuruan | jurnalpagi.id – Pengusaha muda asal Pasuruan Decky Triyoga yang sukses mengembangka...

BPJS Kesehatan Pasuruan Pastikan Akses L...

by Mar 21 2025

Pasuruan | Jurnalpagi.id – BPJS Kesehatan terus menunjukkan komitmennya untuk memastikan bahwa...

4000 Jiwa Lebih, Warga Kota/Kab Pasuruan...

by Mar 20 2025

Pasuruan | jurnalpagi.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mencatat angka ...

Agenda Rutin Tahunan, INACO Berbagi Kepa...

by Mar 20 2025

Pasuruan | jurnalpagi.id – Bersama masyarakat sekitar perusahaan dan stakeholder terkait, PT N...

No comments yet.

Sorry, the comment form is disabled for this page/article.
back to top