TERKINI

Pasca Disumpah di PT Surabaya, Tujuh Advokat PBH ABI Menyatakan Siap Jadi Penegak Hukum Profesional

Des 06 2023202 Dilihat

Surabaya | jurnalpagi.id – Pengadilan Tinggi Surabaya kembali menggelar Sumpah atau Janji Advokat beberapa hari lalu, bertempat di Aula lantai 3 Gedung PT Surabaya jalan Sumatra Surabaya.

Ada sekitar 89 peserta calon advokat yang di sumpah dari 10 organisasi advokat, salah satunya Perkumpulan Bantuan Hukum Astranawa Bela Indonesia (PLBH ABI) yang menyertakan 7 calon advokat.

“Alhamdulillah, kami menyertakan 7 calon advokat yang disumpah beberapa hari lalu. Ini membuktikan bahwa kami dipercaya oleh sarjana-sarjana hukum di jawa timur untuk menjadikan mereka sebagai penegak hukum yang profesional dengan mengedepakan kode etik advokat dalam menjalankan tugas mereka,” ucap Ketua Umum PLBH ABI, Andi Mulya, Rabu (06/12/2023) pagi.

Menurutnya, menjadi seorang advokat sebenarnya tidak lah mudah karena advokat-advokat yang baru saja disumpah akan menghadapi tantangan-tantangan baru dimana hukum mengikuti perkembangan zaman. Advokat juga harus bisa menguasai tehnologi informasi sehingga diperlukan pelatihan-pelatihan bagaimana menjalani sidang secara e-litigasi, bagaimana mereka memahami tentang kekuatan hukum tentang pembuatan perjanjian secara elektronik dan lain sebagainya. 

“Maka dari itu saya meminta kepada rekan-rekan advokat yang baru saja di sumpah di PT Surabaya untuk terus belajar karena hukum selalu dinamis mengikuti perkembangan zaman. Buktikan bahwa rekan-rekan yang tergabung di PLBH ABI mempunyai kemampuan dan kualitas mumpuni dalam membantu masyarakat pencari keadilan,” tegas Andi.

PLBH ABI sendiri, ungkap Andi mantan wartawan Harian Sore Surabaya Post, lahir dari semangat membantu wong cilik dan kaum marjinal yang kesulitan mencari keadilan, sehingga dari semangat tersebut kita membentuk sebuah organisasi perkumpulan bantuan hukum. “Alhamdulillah, sampai hari ini kami terus istiqomah membantu orang-orang yang mencari keadilan,” katanya.

Baca juga :  Pekan Pertama Ramadhan, Polresta Kota Malang dan BNN Kota Malang Musnakan 18,6 kg Narkoba dan 20.000 butir pil LL.

Dia berharap, rekan-rekan advokat yang baru bisa mengedepankan atau mendahulukan masyarakat yang tidak mampu dalam mencari keadilan. “Mari rekan-rekan bersama PLBH ABI untuk menjadi penegak hukum yang berjuang dan istiqomah membantu masyarakat miskin pencari keadilan,” pungkasnya. (fik)

Share to

Related News

GERAM Lurug Kantor Bupati Tolak Dugaan M...

by Jun 19 2024

Pasuruan | jurnalpagi.id – Dugaan adanya monopoli kegiatan proyek yang ada di lingkungan pemer...

Segenap Pimpinan dan Anggota Dewan Perwa...

by Jun 18 2024

Baca juga :  Dalam Acara Halal Bi Halal PETANESIA, Mas Rusdi Minta Restu Maju Bacabup Kab Pasur...

Roadshow Lomba Foto Dan Video Satwa ke-3...

by Jun 15 2024

Pasuruan | jurnalpagi.id – Taman Safari Indonesia kembali menggelar event spesial berskala Int...

Rapimcab Gerindra Rekomendasikan Rusdi S...

by Jun 15 2024

Pasruruan | jurnalpagi.id – Menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (pemilukada) serentak tahun...

H. Juma’in Pendatang Baru Gerindra...

by Jun 06 2024

Pasuruan jurnalpagi.id – Perhelatan politik yang belum lama berlangsung memunculkan nama baru ...

Bahas Pilkada, PPP Jemput Bola Datangi D...

by Jun 06 2024

Pasuruan jurnalpagi.id – Komunikasi antar parpol menjelang pilkada serentak kembali digelar di...

No comments yet.

Sorry, the comment form is disabled for this page/article.
back to top