TERKINI

Asosiasi Bupati Minta Pembangunan Jalan Trans-Papua Dipercepat

Mei 21 2022308 Dilihat

Jakarta, JurnalPagi.id-  Asosiasi Bupati se-Pegunungan Tengah Provinsi Papua akan menyurati pemerintah pusat untuk mempercepat penyelesaian pengerjaan jalan trans-Papua. Penyelesaian jalan trans-Papua ini diharapkan membuat beban hidup di daerah pegunungan lebih murah lagi.

“Ketua Asosiasi Bupati Pegunungan Tengah Papua, Ricy Ham Pagawak mengatakan pembukaan jalan itu sangat membantu, namun belum dimanfaatkan dengan maksimal karena medan yang sulit. “Ini jalan negara, bukan provinsi maupun kabupaten.

” Negara bertanggung jawab menyelesaikan. Kita punya tugas. Asosiasi kita akan menyurat ke pemerintah provinsi dan pusat untuk tolong cepat selesaikan jalan ini sehingga bisa menurunkan harga berbagai bahan pokok dan produk,” katanya saat di telphone oleh wartawan jurnalpagi.id  Sabtu (21/5/2022).

Ia mengakui pembukaan jalan itu bisa membawa masuk hal baik namun juga hal negatif seperti penyelundupan minuman keras. Namun sudah menjadi tugas para bupati untuk menekan dampak negatifnya.

“Dengan jalan ini terbuka pasti kita juga dapat pengaruh. Hari ini transportasi masih gunakan pesawat jadi dibatasi. Tetapi besok dengan menggunakan mobil melalui jalan trans, dari yang pekerjaan setan dengan pekerjaan Tuhan akan masuk semua. Di sinilah kita asosiasi dan bupati di pegunungan bertanggungjawab,” katanya.

Selain akan menyurati pihak kementerian, asosiasi bupati akan berkoordinasi dengan mantan ketua asosiasi bupati pegunungan yang kini berada di Jakarta yaitu mantan bupati Jayawijaya John Wempi Wetipo. Bupati Mamberamo Tengah ini mengakui jalan trans Papua setiap tahun dikerjakan melalui APBN dan diharapkan layak dilalui kendaraan dalam waktu yang tidak lama.

“Apalagi mantan ketua asosiasi ada di kementerian jadi dia punya tanggungjawab. Kita akan sampaikan kepada beliau untuk tolong didorong agar lebih cepat,” katanya.

Baca juga :  Genjot Pencapaian Vaksinasi, Pemkot Bogor Berikan Hadiah Emas Bagi Yang Beruntung

Berdasarkan pantauan, hingga kini pendistribusian kebutuhan pokok ke wilayah Pegunungan Tengah Papua sebagian besar masih mengandalkan jalur udara di Bandara Wamena. Selanjutnya, pendistribusian dilakukan ke kabupaten-kabupaten pemekaran melalui jalan antarkabupaten.

Share to

Related News

GERAM Lurug Kantor Bupati Tolak Dugaan M...

by Jun 19 2024

Pasuruan | jurnalpagi.id – Dugaan adanya monopoli kegiatan proyek yang ada di lingkungan pemer...

Segenap Pimpinan dan Anggota Dewan Perwa...

by Jun 18 2024

Baca juga :  Surabaya Darurat Gengster, Rumah Aspirasi19 : Ini bukan hanya PR Walikota, Melaink...

Roadshow Lomba Foto Dan Video Satwa ke-3...

by Jun 15 2024

Pasuruan | jurnalpagi.id – Taman Safari Indonesia kembali menggelar event spesial berskala Int...

Rapimcab Gerindra Rekomendasikan Rusdi S...

by Jun 15 2024

Pasruruan | jurnalpagi.id – Menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (pemilukada) serentak tahun...

H. Juma’in Pendatang Baru Gerindra...

by Jun 06 2024

Pasuruan jurnalpagi.id – Perhelatan politik yang belum lama berlangsung memunculkan nama baru ...

Bahas Pilkada, PPP Jemput Bola Datangi D...

by Jun 06 2024

Pasuruan jurnalpagi.id – Komunikasi antar parpol menjelang pilkada serentak kembali digelar di...

No comments yet.

Sorry, the comment form is disabled for this page/article.
back to top