TERKINI

Dampak TPA Pasir Sembung, Warga Terdekat Alami Gatal-gatal

Mar 29 2022835 Dilihat

Cianjur, JurnalPagi.id – Lingukungan tempat tinggal yang sehat, bebas polusi, kualitas udara senantiasa terjaga merupakan keinginan setiap orang.

Namun, sepertinya harapan itu tidak aka terwujud bagi masyarakat Desa Sirna Galih kecamatan Cilaku kabupaten Cianjur. Pasalnya tempat pembuangan sampah akhir (TPA) berada di dekat pemukiman penduduk.

Salah satu tokoh masyarakat (tomas) setempat yang tidak ingin disebut identitasnya mengatakan mimpi jika masyarakat Cianjur sehat kalau Tempat pembuangan sampah akhir  TPA berada di dekat permukiman masyarakat.

“bagiamana masyarakat dapat hidup sehat, jika TPA nya saja lokasinya sangat dekat dengan pemukiman penduduk. Mungkin hanya dalam mimpi,”katanya.

Demikian juga menurut ridwan warga bumi mas, sebenarnya pemerintah Kabupaten  Cianjur memiliki lahan kosong. “Jadi jika serius bisa membangun TPA baru yang jauh dari permukiman warga.,”ujar Ridwan.

Agung selalu ketua Rt 02 kampung kandang sapi desa sirnagalih kecamatan cilaku Cianjur  mengungkapkan warga btn cibodas dan kampung ciranji kena dampak dari TPA pasir Sembung ini. “Mereka mengalami penyakit gatal gatal selain itu banyak lalat serta bau busuk yang sangat menyengat, sebaiknya pemerintah Kabupaten Cianjur segera memindahkan TPA pasir Sembung ini. Supaya jauh dari permukiman warga “ungkapnya

Menurut Ani warga sirnagalih, permasalahan ini pernah mau saya bicarakan dengan Kasi TPA. Namun yang bersangkutan tidak ada di kantor nya. Karena kalau di biarkan terus mengenai sampah ini akan semakin parah.

“Bayangkan saja sampah yang masuk ke TPA ini setiap harinya yang datang kurang lebih dua ribu kubik perhari dan setia sampah yang datang harus bayar Rp. 20 ribu perkubik,”tutur ani.

Hal serupa juga dikeluhkan Sony salah seorang mahasiswa. Dia mengatakan tempat pembuangan sampah di beberapa wilayah di Kabupaten Cianjur ini menjadi sorotan publik, terutama bagi warga yang berdomisili tempat tersebut. Masyarakat sekitar menjadi korban dari kegiatan pengelolaan sampah yang di anggap tidak efektif.

Baca juga :  Rocky Gerung: Jokowi Jadi Menteri Agama Saja, Lebih Masuk Akal

“Sehingga masyarakat merasa terganggu dan merasa di rugi kan. Sudah berpuluh puluh tahun lamanya masyarakat sekitar hidup di tengah tengah aroma bau busuk sampah yang menyengat,”pungkasnya. (ujk)

Share to

Related News

GERAM Lurug Kantor Bupati Tolak Dugaan M...

by Jun 19 2024

Pasuruan | jurnalpagi.id – Dugaan adanya monopoli kegiatan proyek yang ada di lingkungan pemer...

Segenap Pimpinan dan Anggota Dewan Perwa...

by Jun 18 2024

Baca juga :  Ustadz Ismail Asso: Segala Sesuatu Tergantung Dari Niat-Niat Populer Dibahasakan D...

Roadshow Lomba Foto Dan Video Satwa ke-3...

by Jun 15 2024

Pasuruan | jurnalpagi.id – Taman Safari Indonesia kembali menggelar event spesial berskala Int...

Rapimcab Gerindra Rekomendasikan Rusdi S...

by Jun 15 2024

Pasruruan | jurnalpagi.id – Menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (pemilukada) serentak tahun...

H. Juma’in Pendatang Baru Gerindra...

by Jun 06 2024

Pasuruan jurnalpagi.id – Perhelatan politik yang belum lama berlangsung memunculkan nama baru ...

Bahas Pilkada, PPP Jemput Bola Datangi D...

by Jun 06 2024

Pasuruan jurnalpagi.id – Komunikasi antar parpol menjelang pilkada serentak kembali digelar di...

No comments yet.

Sorry, the comment form is disabled for this page/article.
back to top