TERKINI

Kakak Beradik, Bupati Bogor Ade Yasin dan Rachmat Yasin Ditangkap KPK

Apr 27 2022540 Dilihat

BOGOR | JurnalPagi.id – Komisi pemberantasan korupsi KPK melakukan operasi tangkap tangan OTT.Ade Yasin merupakan adik kandung dari Bupati Bogor sebelumnya yakni Rachmat Yasin yang terlebih dahulu terjaring OTT KPK pada 7 Mei 2014. Sebelumnya, Rachmat Yasin ditangkap penyidik di rumah pribadinya perumahan Yasmin Kota Bogor.

Komisi Pemberantaan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Bogor. Bupati Bogor Ade Yasin dan anggota BPK Perwakilan Jawa Barat dikabarkan terjaring dalam OTT pada Selasa (26/4/2022) malam hingga Rabu (27/4/2022) pagi.

Sebelumnya, Tim KPK juga melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) pihak swasta berinisial FXY atau Francis Xaverius Yohan dan MZ atau M Zairin kepala Dinas di Kabupaten Bogor pada salah satu restoran di Sentul Bogor.

Penangkapan ini diduga kuat terkait izin Rancangan Umum Tata Ruang (RUTR) di lokasi Bogor, Puncak, dan Cianjur (Bopunjur). Pada OTT kali ini ditemukan uang milyaran rupiah yang diduga, uang ini akan diberikan kepada Yasin.

Selain mengamankan Rahmat Yasin, KPK menangkap kepala dinas di Kabupaten Bogor MZ atau M Zairin dan seorang pihak swasta berinisial FXY. Zairin dan FXY ditangkap di lokasi terpisah dengan Yasin.

Keduanya diringkus di sebuah restoran di Sentul, Bogor, tak jauh dari lokasi kantor tempat KPK menemukan uang miliaran rupiah tersebut.Tim KPK lalu membawa tersangka Francis Xaverius Yohan (FXY) dan M Zairin (MZ) sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan ke satu kantor dan ditemukan sejumlah uang milyaran rupiah pada saat digeledah.

Penangkapan Bupati Bogor Rachmat Yasin politisi partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini diduga kuat berkaitan dengan pengurusan izin Rancangan Umum Tata Ruang (RUTR) di lokasi Bogor, Puncak, dan Cianjur (Bopunjur).

Baca juga :  KONSOLIDASI! Ketua DPD RI dan Dewan Presidium Konstitusi Rapat Terkait Maklumat Desakan Sidang MPR

Untuk diketahui, AdeYasin yang memiliki nama lengkap Ade Munawaroh Yasin lahir di Bogor, Jawa Barat pada 29 Mei 1968. Perempuan berusia 52 tahun ini menjabat sebagai Bupati Bogor sejak 30 Desember 2018.

Sebelum menjadi Bupati Bogor,Ade Yasin menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Bogor Fraksi PPP dari tahun 2014 hingga 2018. Ade merupakan adik kandung dari mantanBupati Bogor Rahmat Yasin.

(jpm)

Share to

Related News

PN Surabaya Menolak Gugatan PT Best Crus...

by Jun 15 2024

Surabaya | jurnalpagi.id – Gugatan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) yang diajukan PT Best Crusher...

Taufan Dzaky Athallah Sebut Menjadi Advo...

by Jun 10 2024

Surabaya | jurnalpagi.idYayasan Pendampingan dan Bantuan Hukum Indonesia atau disebut YPBHI selaku p...

Kades Saikhu Bantah Soal Dugaan Penipuan...

by Mei 31 2024

Pasuruan | jurnalpagi.id – Didampingi penasehat hukumnya, Saikhu, Kepala Desa(kades) Orobulu, ...

Wang Suwandi Terdakwa Perkara Penipuan d...

by Mei 31 2024

Surabaya | jurnalpagi.id Wang Suwandi, terdakwa perkara penipuan dan penggelapan uang sebesar Rp 1 m...

Barang Bukti Perkara Pidana Periode Dese...

by Mei 31 2024

Surabaya | jurnalpagi.id Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak melakukan pemusnahan barang bukti d...

Peringati Harkitnas, PMII Surabaya Suara...

by Mei 21 2024

Jurnalpagi.id | Surabaya – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Cabang Kota Surabaya menggelar...

No comments yet.

Sorry, the comment form is disabled for this page/article.
back to top