TERKINI

Sepuluh Hari Latihan, Taruna AAL Korps Pelaut Selesaikan Lattek Stabilitas Kapal

Feb 18 2022362 Dilihat

Setelah berlatih selama sepuluh hari, 42 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lII Angkatan ke-68 berhasil menyelesaikan Latihan Praktek Ilmu Muat dan Stabilitas Kapal yang dilaksanakan di Gedung Bawean dan Gedung Andromeda, Departemen Pelaut, Kesatriaan Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya, Jum’at (18/2).

Dalam latihan praktek ini, para Taruna AAL Tingkat III Angkatan ke-68 mempelajari materi pokok latihan mengacu pengetahuan ilmu muat dan stabilitas kapal, meliputi peralatan bongkar muat, Shipping ton, Azas – azas pemadatan muatan, To protect the cargo.

Selain dibimbing instruktur dari AAL, para Taruna dalam menerima materi latihan juga dibimbing instruktur dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) diantaranya Aang Wahidin, S.T., M.T., dan Budianto, S.T.

Di akhir kegiatan, lattek ini ditandai dengan upacara penutupan Lattek yang dipimpin Kepala Departemen Pelaut (Kadeppel) AAL Kolonel Laut (P) Dodi Hermanto di gedung Bawean, Deppel AAL.

Menurut Kadeppel AAL mengatakan, kesempatan menimba ilmu dari para dosen tamu harus benar-benar digunakan dengan sebaik-baiknya oleh para Taruna, mengingat waktu latihan yang begitu singkat. Hal tersebut terlihat dari tingkat keaktifan para Taruna selama Lattek yang sering kali bertanya tentang materi dan berdiskusi dengan para dosen.

“Saya mewakili Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Denih Hendrata menyampaikan ucapan terima kasih kepada para instruktur dari PPNS atas ilmu yang diberikan kepada Taruna AAL dan kerja sama yang telah terjalin dengan baik,” terang Kadeppel.

Kadeppel AAL menegaskan kegiatan latihan ini merupakan wujud nyata Lembaga AAL dalam upaya meningkatkan kemampuan dan profesionalisme Perwira lulusan AAL, terutama untuk Taruna Tingkat III Korps Pelaut.

Baca juga :  Tabrakan Motor di Tanggulangin Antara Emak-emak Dengan Pria Yang Diduga Mabuk

Menurutnya, selain memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan materi latihan, latihan ini juga sarat akan pembinaan karakter bagi para Taruna Korps Pelaut sebagai calon pemimpin masa depan meliputi peningkatan rasa disiplin, semangat juang, dan jiwa kreatifitas untuk terus belajar di tengah pandemi covid-19 ini.

“Penerapan protokol kesehatan covid-19 dan pemanfaatan waktu yang efektif dan efisien selama latihan telah berhasil menunjukkan bahwa tidak ada rintangan yang tidak dapat dilewati, semoga ilmu yang didapatkan Taruna dapat bermanfaat sebagaimana yang diharapkan oleh lembaga,” pungkasnya. (aal)

Share to

Related News

Roadshow Lomba Foto Dan Video Satwa ke-3...

by Jun 15 2024

Pasuruan | jurnalpagi.id – Taman Safari Indonesia kembali menggelar event spesial berskala Int...

Rapimcab Gerindra Rekomendasikan Rusdi S...

by Jun 15 2024

Pasruruan | jurnalpagi.id – Menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (pemilukada) serentak tahun...

H. Juma’in Pendatang Baru Gerindra...

by Jun 06 2024

Pasuruan jurnalpagi.id – Perhelatan politik yang belum lama berlangsung memunculkan nama baru ...

Bahas Pilkada, PPP Jemput Bola Datangi D...

by Jun 06 2024

Pasuruan jurnalpagi.id – Komunikasi antar parpol menjelang pilkada serentak kembali digelar di...

Pengurus DPD PKS Sambut Hangat Gus Mujib...

by Jun 02 2024

Pasuruan | jurnalpagi.id – Gus Mujib, sapaan akrab mantan Wakil Bupati Pasuruan kembali bersil...

Dugaan Penipuan Urusan Tanah, Salah Satu...

by Mei 28 2024

Pasuruan | jurnalpagi.id – Dugaan kasus penipuan pengurusan tanah yang ada di Desa Oro-oro Bul...

No comments yet.

Sorry, the comment form is disabled for this page/article.
back to top