TERKINI

Hadiri Latihan SPKSM Gabungan, Ilzam Musholeh Ajak Masyarakat Madura Lestarikan Pencak Silat

Mar 05 2023752 Dilihat

BANGKALAN, Jurnalpagi – Dalam menjaga dan mempererat tali silaturahmi persaudaraan perguruan pencak silat di Madura, Sarana Pelestari Kesenian Silat Madura (SPKSM) merangkul perguruan silat dari Kabupaten Bangkalan dan Sampang dalam latihan bersama di lapangan Desa Somorkoneng Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan Jawa Timur, pada Sabtu malam, 4 Maret 2023.

Latihan bersama ini diikuti sekitar 15 perguruan silat, Di antaranya PPS. Perisai Diri, PPS. Sondah Selera Warna, PPS. Garuda Sakti Muda Rabesen, PPS. Lesap Tapak Kaki Kuda, PPS. Cempaka Putih Sembilan Alas Kembang, Panglima Pancer Rabesan, PPS. Pagar Alas Sukolilo, PPS. Damdam Utara Sampang, PPS. Putra Setia Galis, PPS. Persaudaraan Setia Hati Terate, PPS. Janur Kuning Sukolilo, PPS. Lepas Nyata Labang, PPS. Bintang Bawean Putra, PPS. Macan Putih dan PPS. Garuda Sakti Muda cabang Somorkoneng yang sekaligus menjadi tuan rumah kegiatan ini.

Ilzam Musholeh, Wakil Ketua Pengurus Pusat SPKSM menyampaikan Latihan gabungan pencak silat ini bertujuan sebagai pembinaan dan pelestarian budaya nusantara.

Dirinya berharap kepada para pesilat, untuk terus berlatih dan mengasah kemampuan, agar dapat memberikan yang terbaik untuk perguruan, daerah, dan bangsa Indonesia dengan prestasi yang membanggakan melalui olahraga pencak silat.

“tradisi pencak silat kebanggaan bangsa Indonesia telah ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Budaya Takbenda, ini harus selalu kita jaga, nilai dalam tradisi pencak silat adalah jati diri budaya Indonesia. Semoga melahirkan generasi penuh bakat, memiliki rohani dan jasmani yang sehat, dan memberikan yang terbaik untuk bangsa”. ucap Ilzam yang saat ini mencalonkan diri dalam Pileg 2024 nanti.

Dalam kegiatan ini, sejumlah perguruan silat menampilkan keahliannya dalam memperagakan teknik-teknik pencak silat.

Baca juga :  Pengasuh Ponpes Syaichona Moh. Cholil Bangkalan Meninggal Dunia

Yang menarik, kegiatan ini bukan hanya diikuti oleh peserta dewasa, namun jg banyak diikuti oleh anak-anak usia sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

“Ini menjadi bukti bahwa keberlangsungan seni budaya pencak silat masih banyak diminati, saya bangga generasi-generasi ini berkegiatan positif khususnya dibidang olah raga, semoga bisa melahirkan generasi yang berprestasi”. Pungkas Ilzam.

Meski digelar secara sederhana, kegiatan ini ramai dihadiri ratusan peserta dan warga yang turut menyaksikan. Tampak hadir Komandan KODIM 0829 Bangkalan, Letkol Kav. Taufik Dwinova, Danramil Kwanyar, Kapten Inf. Ali Imron, Danramil Tanah Merah, Kapten Kav. Iman Ghazali, Kapolsek Kwanyar, AKP. Moh. Mansyur, Kapolsek Tanah Merah, AKP. Buntoro, Kepala Desa Somor Koneng, Kepala Desa Janteh serta tokoh-tokoh masyarakat.

Share to

Related News

Sengketa Informasi, Pemkot Surabaya Kala...

by Jun 12 2024

JurnalPagi.id | Surabaya – Pemerintah Kota Surabaya diam diam mengajukan Peninjauan Kembali (P...

Aksi Damai Wartawan Probolinggo Raya Tol...

by Jun 06 2024

Probolinggo | Jurnal pagi.id – Maraknya aksi penolakan Revisi UU Penyiaran digelar oleh wartaw...

Peringati Harkitnas, PMII Surabaya Suara...

by Mei 21 2024

Jurnalpagi.id | Surabaya – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Cabang Kota Surabaya menggelar...

Kades dan Perangkat Desa di Blitar Dipas...

by Mar 25 2024

Blitar | jurnalpagi.id – Jelang hari raya idul fitri yang kurang dua minggu ini dipastikan seluruh...

Peringati Dies Natalis  ke-70, GMNI Mal...

by Mar 24 2024

Malang | jurnal pagi.id – Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Ma...

Banyak Jalan Rusak di Sukapura dan Kuran...

by Mar 16 2024

Salah satu penggunan jalan yang menunjukkan akses jalan yang hanya ditutupi dengan batu-batu pecah b...

No comments yet.

Sorry, the comment form is disabled for this page/article.
back to top