TERKINI

P2KD Larangan Dianggap Tidak Netral, Ahmad Mudabir : P2KD Telah Sesuai Peraturan Perundang-undangan

Apr 02 2023180 Dilihat

Bangkalan, jurnalpagi – Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Larangan Timur, Kecamatan Tanjung Bumi, Rakor Pilkades dengan Tim Fasilitiasi Pemilihan Kepala Desa (TFPKD) di kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Bangkalan, Jumat .(31/3/2023.)

Akhmad Musleh Aly, Ketua P2KD Larangan Timur mengatakan, Rakor tersebut untuk menyampaikan data hasil verifikasi sesuai Tahapan yang dilakukan oleh P2KD Larangan Timur, agar meluruskan anggapan di masyarakat bahwa panita tidak netral dan di laporkan menghilangkan SK Pengalaman Kerja salah satu Bakal Calon.

Ahmad Mudabir sebagai kuasa hukumnya menyampaikan, “Kliennya sudah sesuai dengan amanah Peraturan Bupati (Perbup) Bangkalan No. 51 Tahun 2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa dan Pemilihan Kepala Desa Antara Waktu.”

Sesuai dengan Pasal 40 ayat (1-2) Perbup Bangkalan No. 51 Tahun 2022, menurutnya: pertama, panitia pemilihan melakukan penyaringan, dengan penelitian terhadap persyaratan bakal calon meliputi penelitian kelengkapan, dan keabsahan administrasi pencalonan.

Kedua, penelitian kelengkapan dan keabsahan administrasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) disertai klarifikasi oleh Panitia dengan berkunjung dan atau bersurat kepada instansi yang berwenang untuk mendapatkan keterangan secara tertulis.

“Panitia Pemilihan Kepala Desa sudah menjalankan Tahapan Pilkades sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga kliennya mengeluarkan Pengumuman Hasil Penelitian dan Klarifikasi Persyaratan Administrasi Bakal Calon Kepala Desa Larangan Timur Nomor: 141/41/PU.PANPILKADED/III/2023,” tutur advokat yang di sapa Jabir kepada awak media.

Pada pokoknya, lanjut Jabir menjelaskan” 6 (enam) Bakal Calon dikatakan lulus dan memenuhi Persyaratan Administrasi untuk mengikuti tahapan selanjutnya, Uji Kompetensi Pemilihan Kepala Desa Tahap II, sehingga tidak ada dasar hukum yang bisa digunakan jika mau mempermasalahkan administrasi sekarang karena tahapan itu sudah lewat.”

Baca juga :  Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pasuruan Sahkan KUA - PPAS 2024

Anggota P2KD Muhammad Rifa’i memberikan klarifikasi kepada TFPKD Kabupaten Bangkalan, terkait persoalan pengalaman Kerja Pegawai Tidak Tetap (PTT) Administrasi SDN Tanjung Bumi 3 SK atas nama Delia Liliani, ketika verifikasi oleh P2KD ke Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan.

Melihat SK yang bersangkutan tidak terdaftar di Dapodik Kabupaten Bangkalan, sehingga yang bersangkutan tidak dapat gaji atau honor dari APBD/APBN (BOS). Dengan demikian, SK Pengalaman Kerja Pegawai Tidak Tetap (PTT) tidak bisa mendapatkan nilai tambah.

Penetapan Calon Kades (Kepala Desa) Larangan Timur dan Pengambilan Nomor Urut yang kami laksanakan sesuai dengan ketentuan Peraturan Bupati Bangkalan No. 51 Tahun 2022.

Dalam Pasal 48 ayat (8) Perbup Bangkalan No. 51 Tahun 2022 Panitia Pemilihan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) melakukan rekapitulasi penjumlahan terhadap hasil pembobotan dengan nilai hasil seleksi uji kompetensi guna menentukan peringkat 5 (lima) besar bakal calon untuk ditetapkan menjadi calon tegasnya.

Share to

Related News

Sengketa Informasi, Pemkot Surabaya Kala...

by Jun 12 2024

JurnalPagi.id | Surabaya – Pemerintah Kota Surabaya diam diam mengajukan Peninjauan Kembali (P...

Aksi Damai Wartawan Probolinggo Raya Tol...

by Jun 06 2024

Probolinggo | Jurnal pagi.id – Maraknya aksi penolakan Revisi UU Penyiaran digelar oleh wartaw...

Peringati Harkitnas, PMII Surabaya Suara...

by Mei 21 2024

Jurnalpagi.id | Surabaya – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Cabang Kota Surabaya menggelar...

Kades dan Perangkat Desa di Blitar Dipas...

by Mar 25 2024

Blitar | jurnalpagi.id – Jelang hari raya idul fitri yang kurang dua minggu ini dipastikan seluruh...

Peringati Dies Natalis  ke-70, GMNI Mal...

by Mar 24 2024

Malang | jurnal pagi.id – Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Ma...

Banyak Jalan Rusak di Sukapura dan Kuran...

by Mar 16 2024

Salah satu penggunan jalan yang menunjukkan akses jalan yang hanya ditutupi dengan batu-batu pecah b...

No comments yet.

Sorry, the comment form is disabled for this page/article.
back to top