TERKINI

Praperadilan SP3 Kasus Keterangan Palsu Ditolak, Dr Johan Widjaja Kuasa Hukum Lie David Linardi Akan Tempuh Upaya Lain

Apr 05 2024122 Dilihat

Surabaya | jurnalpagi.id

Penghentian penyidikan kasus dugaan sumpah palsu dan memberikan keterangan palsu dibawah sumpah dengan terlapor Lim Ming Kang dan Debora Helmi alias Ming Tjoe sudah sesuai prosedur. Hakim tunggal Pengadilan Negeri (PN) Surabaya Antyo Harri Susetyo menolak permohonan pemohon Lie David Linardi yang menggugat Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) yang diterbitkan penyidik Unit I Sundoyo IV Ditreskrimum Polda Jatim atas kasus tersebut.

“Memperhatikan Pasal 109 Ayat 2 UU Nomor 8 Tahun 1981 tentang hukum acara pidana. Mengadili, menolak Permohonan Praperadilan Pemohon. Membebankan Biaya Perkara kepada Pemohon Praperadilan sebanyak nihil, kata hakim Antyo Harri Susetyo di ruang sidang Tirta 1 Pengadilan Negeri Surabaya. Kamis (4/4/2024).

Hakim Tunggal Antyo Harri Susetyo dalam salah satu pertimbangannya menilai kurang tepat terhadap keberatan Pemohon yang mengatakan bahwa Termohon telah bertindak tidak profesional serta tidak konsisten karena telah menerbitkan SP3 sebanyak 2 kali yakni tanggal 9 April 2021 dan 29 Febuari 2024.

“Justru dengan dilakukannya pemeriksaan sebanyak 2 kali tersebut mencerminkan keseriusan dari Termohon untuk kembali menemukan bukti yang cukup untuk dapat diteruskan dalam tahap Penuntutan. Meskipun pada akhirnya setelah dilakukan Gelar perkara belum diperoleh bukti yang cukup sehingga dikeluarkan SP3,” katanya saat membacakan salah satu pertimbangan putusannya.

Menyikapi penolakan Permohonan Praperadilannya tersebut, Lie David Linardi melalui kuasa hukumnya Dr. Johan Widjaja SH,.MH mengaku kaget dengan putusan tersebut. Meski belum mengetahui secara detil alasan hakim menolak permohonan yang diajukan.

“Ya, tadi diitolak dengan alasan SP3 dianggap Sah,” katanya singkat selesai sidang Praperadilan.

Ditanya apa tindakan hukum selanjutnya yang akan dilakukan terkait penolakan Praperadilannya tersebut,? Dokter Johan berharap agar Kliennya Lie David Linardi tidak perlu larut dalam kekecewaan atas putusan yang dianggap belum memenuhi rasa keadilan tersebut.

Baca juga :  Pasca Dua Hakim PN Rangkasbitung Nyabu, PN Surabaya Belum Berencana Lakukan Tes Urine Para Hakim

“Kami tadi sudah bicara dengan Pak David untuk melakukan Upaya hukum yang lainnya. Tadi masih dipertimbangkan untuk menempuh cara yang lain,” jawabnya.

Sebab menurut Dr. Johan, putusan dari hakim Tunggal Praperadilan tadi tidak berdasarkan fakta-fakta yang terjadi yang pernah diungkapkan oleh saksi Weny dan saksi Agus di persidangan.

“Memang ini ada rekayasa besar yang di otaki oleh Debora Helmi. Menghadirkan saksi palsu, cuci otak, terus dengan mengatasnamakan Tuhan. Jadi sebenarnya saksi palsu itu ada. Tujuannya untuk merebut suami orang dengan tiga cara tadi. Namun kenyataan yang diungkapkan oleh saksi fakta Weny dan Agud ini sama hakim tidak dipertimbangkan.

Berkaitan dengan keterangan saksi fakta yang tidak dipertimbangkan hakim tersebut, Dokter menjadi semakin yakin akan menempuh upaya hukum lainnya.

“Faktanya memang ada yang dipalsukan. Kami dari pihak Pemohon merasa belum mendapatakan Keadilan,” pungkas Dr. Johan.

Share to

Related News

Bartender Cruz Lounge Bar Vasa Hotel Div...

by Jul 24 2024

Surabaya | jurnalpagi.id Arnold Zadrqch Satiyana, terdakwa kasus miras maut di Cruz Lounge Bar Vasa ...

Sidang Lanjutan Perkara Penganiayaan, Ku...

by Jul 23 2024

Surabaya | jurnalpagi.id Sidang kasus dugaan penganiayaan di loby Apartemen One Icon Residence pada ...

Kejati Jatim Gelar Upacara Peringatan HB...

by Jul 23 2024

Surabaya | jurnalpagi.id Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur Gelar Upacara Untuk Memperingati Hari ...

DPO Perkara Penipuan Firman Ageng Pamena...

by Jul 21 2024

Surabaya | jurnalpagi.id Tim Tabur Kejaksaan Agung RI dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim menangkap ...

Kejari Tanjung Perak Kembali Adakan Berb...

by Jul 19 2024

Jurnalpagi.id | Surabaya Kejaksaan Negeri Tanjung Perak kembali mengadakan kegiatan dalam rangka mem...

121 Pegawai Kejaksaan Negeri Tanjung Per...

by Jul 04 2024

Jurnalpagi.id | Surabaya Kejaksaan Negeri Tanjung Perak menggelar kegiatan pemeriksaan Tes Urine ter...

No comments yet.

Sorry, the comment form is disabled for this page/article.
back to top