TERKINI

Fadli Zon menyoroti banyaknya prajurit TNI yang gugur di Papua.

Mar 27 2022524 Dilihat

Jakarta, Jurnalpagi.id – Anggota Komisi I DPR Fadli Zon menyoroti banyaknya prajurit TNI yang gugur di Papua . Teranyar, dua Marinir meninggal dunia tertembak dalam serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Nduga, Papua, Sabtu (26/3/2022).

Dua prajurit TNI yang gugur itu adalah Letda Mar Mohammad Iqbal dan Pratu Wilson Anderson Here. Selain keduanya, delapan anggota Satgas Mupe Marinir juga terluka dalam serangan ini.

Dandim 1715/Yahukimo, Letkol InfYohanis Victorius Tethool saat dikonfirmasi membenarkan adanya satu personel lagi yang gugur. “Korban meninggal dunia sekitar pukul 02.00 dinihari tadi,” katanya, Minggu (27/3/2022).

Fadli Zon menyoroti konflik Papua yang terus-menerus terjadi dan menyebabkan prajurit TNI gugur saat bertugas di lapangan. “Sudah berapa banyak prajurit gugur di Papua, kok dianggap seperti angin lalu?” kata politikus Partai Gerindra itu dikutip dari akun Twitter-nya, Minggu (27/3/2022).

Wakapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, dalam keterangannya, Minggu (27/3/2022) menjelaskan, Candra menjelaskan, Pratu Mar Wilson Anderson nyawanya tidak tertolong setelah sempat dilarikan dan mendapatkan perawatan di rumah sakit.

“Almarhum Pratu Mar Wilson sebelumnya telah mendapatkan penanganan medis dari Dokter Satgas, namun tidak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia,” ujar Candra.

Candra mengungkapkan, proses evakuasi personel tersebut telah dilakukan pada hari ini dengan menggunakan menggunakan Helikopter milik TNI AU.

“Kedua korban yang meninggal dunia saat ini telah berada di RSUD Mimika untuk dilaksanakan Pemulasaran. Kemudian korban 6 orang luka-luka Serda RF, BP, EES, Pratu ASA, Prada ADP, dan LH langsung dirawat di IRD RSUD Kab. Mimika, sedangkan 2 orang yang luka ringan Pratu RS dan DS masih berada di Kenyam Kab. Nduga,” papar Candra.

Baca juga :  Pengamat Politik Dirjen Jadi Tersangka, Mestinya Mendag Mundur Karena Tidak Bisa Lawan Mafia Minyak Goreng

Wakapendam mengatakan, upacara pelepasan jenazah alm Letda Muh Iqbal akan dilaksanakan, Senin (28/3/2022), dilanjutkan dengan pemberangkatan ke rumah duka menggunakan pesawat udara ke Makassar menuju Kendari.

“Untuk Alm Pratu Wilson Anderson, juga direncanakan pada hari Senin (28/3/2022) akan dilaksanakan upacara pelepasan jenazah dan diberangkatkan ke rumah duka menggunakan pesawat udara transit di Makassar-Surabaya, kemudian menuju di Kupang,” ucap Candra. “Mohon doanya dari semua pihak, agar Prajurit TNI korban dari kekejaman KST dapat segera tertolong dan dapat bertugas kembali mengemban tugas negara,” tutur Candra. (jpm)

Share to

Related News

Segenap Pimpinan Anggota dan Sekretariat...

by Jun 02 2024

Segenap Pimpinan Anggota dan Sekretariat DPRD Kabupaten Pasuruan, Mengucapkan Selamat Hari Lahir Pan...

Peringati Harkitnas, PMII Surabaya Suara...

by Mei 21 2024

Jurnalpagi.id | Surabaya – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Cabang Kota Surabaya menggelar...

Bank Jatim Inisiasi MBS Bersama Pemkab d...

by Mei 08 2024

Pasuruan | Jurnalpagi.id – Bank Jatim berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (pemkab) Pasur...

Pansus Kopi KAPITEN Terus Bergulir, OPD ...

by Mei 02 2024

Pasuruan | jurnalpagi.id – Asosiasi Petani Kopi Indonesia (APEKI) kabupaten Pasuruan beserta D...

Mahali : Kebijakan Gus Ipul Kurang Melib...

by Apr 27 2024

Pasuruan | jurnalpagi.id – Menjelang berakhirnya masa jabatan Walikota Pasuruan Saifullah Yusu...

Keluarga Besar Pemerintahan Desa Ngajum,...

by Apr 18 2024

Baca juga :  Pemkab Malang Gelar Uji Publik Perda Pendanaan Pendidikan

No comments yet.

Sorry, the comment form is disabled for this page/article.
back to top