TERKINI

Kerja sama dengan BJB Tegal, Rutan Pemalang Selenggarakan Budaya Pelatihan Prima

Apr 07 2022914 Dilihat

Pemalang | Jurnalpagi.id – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pemalang sebagai salah satu instansi pemerintah yang memberikan pelayanan publik di bidang hukum dan hak asasi manusia menyadari betul betapa pentingnya pelayanan prima (service excellent) kepada masyarakat. Melalui kerjasama dengan Bank Jawa Barat (BJB) Kantor Cabang Tegal, Rutan Pemalang menyelenggarakan Budaya Pelayanan Prima pada Kamis (31/03/2022).

Kepala Rutan Pemalang, Ary Nirwanto menyampaikan bahwa pelatihan ini bukan hanya menargetkan petugas di bidang layanan publik saja, akan tetapi seluruh petugas pemasyarakatan termasuk pejabat struktural di Rutan Pemalang.

petugas lembaga pemasyarakatan Pemalang mengikuti sedang pelatihan.

“Bukan hanya yang bekerja di bidang layanan saja, semua petugas sengaja saya ikut sertakan karena pada masanya semua akan mendapatkan giliran untuk melayani WBP dan masyarakat. Untuk itu, tolong dengarkan dengan baik pelatihan dari Bank BJB ini, agar kedepannya bisa kita terapkan dalam bekerja sehari-hari”, ujar Ary dalam sambutannya.

Tiga narasumber dari BJB Tegal dihadirkan dalam pelatihan ini. Di antaranya yaitu Fiki Ratnasari (Plt. Kcp Banjaran Tegal), Dhea Marthilda (Customer Service) dan Dhimas AP (Relation Officer Konsumer).

“Aspek pelayanan prima atau service excellent meliputi tiga hal, yaitu: penampilan, skil dan sikap. Aspek penampilan berarti petugas menggunakan seragam lengkap sesuai dengan ketentuan yang berlaku di instansi tersebut, kemudian aspek skil berarti petugas harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam melayani publik. Sedangkan aspek sikap berarti petugas harus sabar, ramah, sopan namun tegas dalam melayani”, terang Dhea.

petugas lembaga pemasyarakatan Pemalang mengikuti sedang pelatihan.

Dalam pelatihan tersebut Fiki juga menekankan bahwa dalam melayani masyarakat yang memiliki berbagai macam latar belakang, petugas harus tetap tersenyum dan ikhlas serta memegang prinsip bahwa petugas adalah pelayan masyarakat yang berkewajiban memberikan layanan terbaik pada apapun kondisi yang sedang dihadapi.

Baca juga :  Tuntut Asetnya Kembali, Warga Parasan Grati Gelar Unras

Pelatihan ini merupakan salah satu wujud komitmen Rutan Pemalang untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, baik yang sedang menjalani pidana di dalam jeruji besi maupun masyarakat umum yang turut menerima layanan publik dari Rutan Pemalang. (hms/rgl)

Share to

Related News

DPRD dan Pemkab Pasuruan Bahas 32 Usulan...

by Okt 16 2025

Pasuruan Jurnalpagi.id – Pasuruan. DPRD dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan saat ini te...

Pemuda Tani Jatim Study Ke Malaysia Pela...

by Okt 16 2025

Pasuruan Jurnalpagi.id – Ketua DPD Pemuda Tani Jawa Timur, Ghufron Ahmad Yani, melakukan studi...

Polemik Rencana Pembangunan Kawasan Real...

by Okt 13 2025

Pasuruan jurnalpagi.id – Polemik rencana pembangunan kawasan real estate di lereng Gunung Arju...

Euforianya Super League Bupati Cup 2025 ...

by Okt 13 2025

Pasuruan Jurnalpagi.id – Cerita kemenangan dan semangat sportivitas dalam ajang sepak bola Bup...

PII Kabupaten Pasuruan Siap Dampingi Pem...

by Okt 10 2025

Pasuruan Jurnalpagi.id – Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Kabupaten Pasuruan menyatakan kesi...

Klinik Maheswari Husada Resmi Dibuka di ...

by Okt 03 2025

Pasuruan Jurnalpagi.id – Warga Kecamatan Pandaan kini memiliki pilihan baru dalam mendapatkan ...

No comments yet.

Sorry, the comment form is disabled for this page/article.
back to top