TERKINI

Pelayanan Kesehatan dan Pendidikan di Papua paling Kotor dan Paling Buruk

Mei 04 2022595 Dilihat

JurnalPagi.id – Biaya berobat Masyarakat di Kabupaten Jayawi Jaya Kota Wamena Papua sangat mahal. Terdapat apotik yang dimiliki oleh seorang dokter yang menjual dengan harga yang relatif mahal.

Pimpinan Ponpes Al Hidayah Firdaus Asso Koya Koso Jayapura Papua, Ustadz Ismail Asso mengungkapkan bahwa sesuai UU Otsus Papua mengamanatkan Anggaran untuk Kesehatan sebesar 30% diambilkan dari dana Otsus dan Dana Pendidikan 15%. Di Papua sesungguhnya sangat besar rakyat Papua memiliki fasilitas kesehatan dan pendidikan lebih memadai bahkan biaya berobat dan biaya sekolah gratis.

“Seharusnya Pemerintah Provinsi membuat kebijakan dqn terobosan baru untuk memberikan layanan kesehatan secara gratis di seluruh RS Pemerintah (RSUD) di Papua baik di RS milik Propinsi maupun RS milik Kab/Kota,”Katanya, sebagaimana keterangannya secara tertulis kepada JurnalPagi.id, Selasa (4/5/2022).

Demikian pula dengan dibidang Pendidikan mulai dari tingkat TK, SD, SMP, hingga PT /PTS digratiskan tanpa syarat, terkecuali pendidikan yang dikelola oleh Swasta.

“Saya mendapati beberapa kasus, seperti Dokter RS Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Jayawi Jaya di Kota Wamena punya Apotik dan semua resep obat Generik masyarakat tebus dan berobat lanjut di luar RSUD di Apotik dengan biaya satu resep obat sakit tipes hingga 750.000; Terbilang : Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu,” ucapnya.

Menurut Ustadz Ismail, hal tersebut menunjukkan kebobrokan sistem pelayanan kesehatan di Papua khususnya di Kota Wamena Kabupaten Jayawi Jaya Papua.

“Pemerintah Kabupaten Jayawi Jaya harus segera benahi dan praktek-praktek dokter nakal model ini. Bila perlu izin praktek di Apotik perlu cabut untuk ditutup selamanya karena anggaran biaya Honor Dokter dan alat-alat Kesehatan sesuai aturan UU Otsus sudah sangat besar sehingga Pemprove dan Pemkab,” Tuturnya.

Dirinya berharap pemerintah provinsi maupun kab/kota dapat menyediakan semua fasiltas dan pelayanan kesehatan masyarakat secara gratis. “Dana yang begitu besar seharusnya masyarakat mendapatkan fasilitas dan pelayanan kesehatan secara gratis, serta tenaga kesehatan juga mendapatkan gaji yang layak. Disamping itu, dapat melengkapi alat-alat kesehatan bagi RSUD dan Puskesmas,”ungkapnya.

Selain itu, lanjut Ustadz Ismail, Demikian pula dengan Biaya Pendidikan mulai dari gaji guru-guru mulai dari TK SD hingga PT semua alat peraga ajar fasilitas gedung sekolah gaji atau honor Guru Negeri dan Tenaga Honorer dapat dibiayai dari dana Otsu yang segitu besarnya dapat diambilkan dari Dana Otsus sesuai perintah Undang-Undang Otnimo Khusus (UU Otsus) Papua.

“Tolong masukan ini perlu diteruskan ke Pemkab Jayawi Jaya dan Direktur RSUD Jayawi Jaya dan Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawi Jaya perlu diperbaiki. Dan ini harus diperbaiki mulai dari tingkat Pemprove hingga Tingkat Kabupaten seluruh Papua,” lanjutnya.

“Demikian Dinas Pendidikan Propinsi Papua. Untuk Kabupaten Jayawi Jaya perlu konsultasikan persoalan ini dengan Bupati dan DPR Kabupaten agar seluruh pembiayaan kesehatan dan pendidikan dananya sangat besar dan itu harus dialokasikan sumber pembiayaannya dari anggaran APBD Kabupaten Jayawi Jaya sesuai Perintah UU Otsus Papua,” Pungkasnya.

Catatan: Saya dengar banyak praktek Apotik di Kota Wamena menjual Obat dengan harga tidak wajar Pemkab Jayawi Jaya melalui Dinas Kesehatan Kabupaten perlu tinjau izin praktek dan Apotik model ini perlu ditertibkan.

Share to

Related News

Ditengah Kesibukannya Menjadi Kajati Jat...

by Mei 30 2024

Surabaya | jurnalpagi.id Mia Amiati adalah Kajati perempuan pertama di Jawa Timur, selain sosoknya y...

IKA PMII UNMER Surabaya Memberi dukungan...

by Mei 17 2024

Jurnalpagi.id | Surabaya, 17 Mei 2024 – Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesi...

Prabowo Gibran Unggul di Pasuruan, Rusdi...

by Feb 14 2024

Pasuruan – jurnalpagi.id | Tampak wajah – wajah kebahagiaan terpancar dari para relawan ...

PMII Surabaya Desak Satpol PP dan Bawasl...

by Nov 23 2023

Salah satu APS dan APK yang terpasang di Kota Surabaya

Keterangan Saksi Berbelit, Majelis Hakim...

by Nov 14 2023

Suasana sidang dengan agenda keterangan saksi dari Penggugat terkait sengketa pipa besi eks PT Freep...

Apakah Anak Wajib Membayar Hutang Orang ...

by Nov 11 2023

Warisan adalah peninggalan pewaris yang berupa hak dan kewajiban atau semua harta kekayaan yang diti...

No comments yet.

Sorry, the comment form is disabled for this page/article.
back to top