TERKINI

Pembangunan TIC Minim Pengawasan

Agu 05 2023240 Dilihat

Pasuruan | jurnalpagi.id – Pembangunan Toursm Informarion Center (TIC) yang ada di lereng gunung Arjuno sudah Capai 10 Persen. TIC dan sarana pelengkap Arjuno Agro Techno Park(AATP) itu sudah mulai dikerjakan sejak sebulan lalu sesuai dengan kontrak.

Namun proyek yang berada di lahan seluas lebih kurang 2 Ha dengan anggaran Rp.10,9 milyar itu tidak dijumpai satu pun personil dari konsultan pengawas PT. ELEMEN TIGA TIGA.

“Ya mungkin(konsultan pengawas) masih megerjakan laporan mingguan mas jadi belum datang”, ujar Lucky pelaksana lapangan dari CV. ANUGRAH INTI TEKNIK selaku pemenang tender pada jurnalpagi.id saat ditanya keberadaan personil konsultan pengawas pada proyek dengan nomer kontrak 027/068/424.090/2023.

Saat ini, lanjut Lucky, pekerja sedang mengerjakan pondasi sarana ibadah, tembok penahan tanah juga pemerataan lahan yang akan dibangun beberapa fasilitas umum penunjang pariwisata di lereng Arjuno nantinya.

Disinggung mengenai penggunaan atau pemanfaatan material batu yang berasal dari lokasi ITC, Lucky mengaskan bahwa hal itu dilakukan untuk mempermudah pengerjaan galian pondasi bangunan.

“Ada juga yang pengiriman(batu belah) dari luar. Kita ambil batu dilokasi ini karena untuk mempermudah proses penggalian pondasi bangunan”,ungkapnya pada jurnalpagi.id, sabtu, (5-7-2023), diruangan direksi kit.

Begitu juga para pekerja tampak hanya menggunakan rompi. Sepertinya penggunaan K3 kurang optimal. Terbulti para pekerja hanya menggunakan rompi, tanpa memakai helm. Bahkan tak jarang tidak menggunakan sepatu proyek. ” orang-orang alasannya sumer kalau memakai helm”, kata pria asal Malang ini yang sudah berulangkali menegur pekerja untuk penggunaan komponen K3.
Namun diruangan direksi kit tampak berjajar helm tidak digunakan. Namun jumlahnya diperkirakan kurang dari jumlah para pekerja 30 orang seperti yang disampaikan Lucky.

Baca juga :  Lempari Rumah Warga Dengan Petasan, 11 Remaja Diamankan Polres Situbondo

Masa waktu 170 hari pengerjaan atau 5 bulan menurutnya pihak kontraktor optimis jika terselesaikan. ” Bahkan saya optimis sejak tanda tangan kontrak atau 5 bulan waktu pengerjaan TIC ini terselesaikan seratus persen”, pungkasnya

Sementara, Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) dinas Pariwisata, Santo, saat dikonfirmasi melalui sambungan tlp WA menyarankan kalau konfirmasi ditulis saja. “Tolong mas kalau wawancara ditulis saja. Takutnya saya lupa menjawabnya,” kata Santo, Sabtu (5/8/2023). (Wan/adi)

Share to

Related News

Ditengah Kesibukannya Menjadi Kajati Jat...

by Mei 30 2024

Surabaya | jurnalpagi.id Mia Amiati adalah Kajati perempuan pertama di Jawa Timur, selain sosoknya y...

IKA PMII UNMER Surabaya Memberi dukungan...

by Mei 17 2024

Jurnalpagi.id | Surabaya, 17 Mei 2024 – Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesi...

Prabowo Gibran Unggul di Pasuruan, Rusdi...

by Feb 14 2024

Pasuruan – jurnalpagi.id | Tampak wajah – wajah kebahagiaan terpancar dari para relawan ...

PMII Surabaya Desak Satpol PP dan Bawasl...

by Nov 23 2023

Salah satu APS dan APK yang terpasang di Kota Surabaya

Keterangan Saksi Berbelit, Majelis Hakim...

by Nov 14 2023

Suasana sidang dengan agenda keterangan saksi dari Penggugat terkait sengketa pipa besi eks PT Freep...

Apakah Anak Wajib Membayar Hutang Orang ...

by Nov 11 2023

Warisan adalah peninggalan pewaris yang berupa hak dan kewajiban atau semua harta kekayaan yang diti...

No comments yet.

Sorry, the comment form is disabled for this page/article.
back to top