Malang, JurnalPagi.id – Roadshow pertama kompetisi Indonesia Enterpreneur TIK (IdenTIK) yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dadakan di Kota Malang, Selasa (29/3/2022).
Koordinator Program IdenTIK Kominfo, Hari Purwadi mengatakan, bahwa IdenTIK dulu bernama INAICTA atau Indonesia ICT Awards. Melalui IdenTIK mereka ingin menggali potensi serta inovasi anak bangsa dalam teknologi dan informatika atau TIK. Salah satu bisnis start-up yang lahir dari kompetisi ini adalah Tiket.com.
“IdenTIK menjadi satu-satunya pintu gerbang bagi inovasi TIK terbaik karya anak agar dapat berlaga mewakili Indonesia di kompetisi tingkat Asean atau AICTA (Asean ICT Awards),” kata Hari.
Hari mengatakan, kompetisi tahun ini mereka mengusung tema Collaborate and Grow Stronger, pemenang akan mendapat beberapa keuntungan selain hadiah. Seperti fasilitas mengembangkan bisnis start-upnya. Contoh fasilitasi itu adalah mensinergikan ide bisnis pemenang dengan program-program Kemkominfo.
“Mulai dari gerakan seribu Startup digital, Startup Studio Indonesia sehingga pemenang nantinya dapat berkembang baik dari segi karya atau bisnisnya di skala nasional hingga global,” ujar Hari.
Ada enam kategori dalam kompetisi IdenTIK ini. Dianataranya adalah Public Sector, Private Sector, Inovasi Teknologi Konten Digital, Corporate Social Responsbillity, Start-up Company and Research Development. Untuk pendaftaran bisa dilakukan secara online di https:/identik.id.
Sejauh ini sudah ada 518 karya yang terdaftar dalam kompetisi IdenTIK. Waktu pendaftaran sendiri dilakukan sejak Maret hingga Juni 2022.
“Selanjutnya setelah terdaftar karya tahun ini akan dipilih 30 karya oleh dewan juri.Dan kami akan terus roadshow di beberapa kota lagi selain Kota Malang ini,” tandasnya. (Sis)
No comments yet.