TERKINI

Banyak Jalan Rusak di Sukapura dan Kurang Diperhatikan Pemerintah, Ketua Macan Kumbang Angkat Bicara

Mar 16 2024199 Dilihat

Probolinggo | jurnalpagi.id – Masyarakat di wilayah Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo lagi hangat memperbincangkan beberapa jalan rusak. Hal itu dipersoalkan karena akses jalan yang digunakan masih belum diperbaiki, diantaranya berada di jalan desa Sariwani, Desa Pakel, dan Desa Kedasih. Tampak, akses jalan masih berupa makadam dan batu kali pecah belah.

Menurut beberapa warga di tiga desa tersebut mengatakan, kalau kondisi jalan itu rawan kecelakaan apalagi memasuki musim penghujan saat ini. “Bahaya mas, kalau lewat sini kudu hati-hati dan banyak warga yang jatuh dari motor,” ucap Rokhim, Sabtu {16/3/2024)

Hal yang sama juga diungkapkan Darma, kalau jalan akses desa tersebut digunakan para siswa menuju sekolahnya. “Kami sih mintanya pemerintah kabupaten memperhatikan fasilitas umum khususnya jalan yang digunakan warga tiap hari untuk beraktivitas. Masak harus menunggu ada korban kecelakaan atau korban jiwa baru diperbaiki,” katanya.    

Menanggapi permasalahan tersebut, Ketua LSM Macan Kumbang Suliadi menegaskan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo tidak serius dalam menangani hal prioritas kebutuhan masyarakat. Apalagi akses jalan yang rusak tersebut adalah jalan menuju tempat pariwisata Gunung Bromo.

“Saya meminta dengan tegas kepada pemerintah kabupaten untuk segera memperbaiki jalan rusak di wilayah Kecamatan Sukapura. Ini sudah tidak benar, masak akses jalan menuju Gunung Bromo rusak berat kayak ini,” tegas Suli.

Suliadi menambahkan, akses jalan itu adalah sarana warga untuk menjalankan aktivitasnya sehari-hari seperti berangkat bekerja, menuju ke sekolah dan yang utama adalah jalan menuju pariwisata GUnung  Bromo yang terkenal di dunia internasional.

”Secara otomatis akses jalan bagus dan mapan berdampak pada banyak hal seperti peningkatan sumber ekonomi masyarakat, kemudahan dalam berkomunikasi memperlancar segala urusan cepat terselesaikan,” katanya.

Baca juga :  Polres Sidoarjo Menangkap Pelaku Curanmor Bersenjata Bom Ikan

Senada, tokoh masyarakat pemerhati kebudayaan Suku Tengger, Siswo Winardi mengatakan bahwa Kecamatan Sukapura merupakan dataran tinggi dimana ada wisata yang indah dan elok yakni Gunung Bromo dimana gunung tersebut adalah salah satu wisata kelas dunia.

Ironisnya, ucap Siswo, masih banyak terdapat jalan rusak yang tidak bermutu, padahal pendapatan dari wisata tersebut meraup milyaran rupiah setiap tahunnya. “Mbok yo semilyar wae (kalau diberikan satu milyar saja,red) didistribusikan untuk perbaikan jalan kan pastinya bagus dan bisa dirasakan bagi pengguna jalan,” singkatnya. (sul)

Share to

Related News

Sengketa Informasi, Pemkot Surabaya Kala...

by Jun 12 2024

JurnalPagi.id | Surabaya – Pemerintah Kota Surabaya diam diam mengajukan Peninjauan Kembali (P...

Aksi Damai Wartawan Probolinggo Raya Tol...

by Jun 06 2024

Probolinggo | Jurnal pagi.id – Maraknya aksi penolakan Revisi UU Penyiaran digelar oleh wartaw...

Peringati Harkitnas, PMII Surabaya Suara...

by Mei 21 2024

Jurnalpagi.id | Surabaya – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Cabang Kota Surabaya menggelar...

Kades dan Perangkat Desa di Blitar Dipas...

by Mar 25 2024

Blitar | jurnalpagi.id – Jelang hari raya idul fitri yang kurang dua minggu ini dipastikan seluruh...

Peringati Dies Natalis  ke-70, GMNI Mal...

by Mar 24 2024

Malang | jurnal pagi.id – Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Ma...

Kadispendikbud Kabupaten Pasuruan Penuhi...

by Jan 19 2024

Pasuruan | jurnalpagi.id – Usai memintai keterangan Nursalim Kepala Bidang(kabid) PAUD Dinas P...

No comments yet.

Sorry, the comment form is disabled for this page/article.
back to top